Hoax Terus Beredar

Hoax, kebohongan yang sengaja dibuat untuk mengelabuhi masyarakat.
Peredaran hoax umum terjadi di media sosial. Hoax adalah berita tidak dapat dipercaya asal-usulnya.
Seseorang cenderung “bias informasi” dan hanya menarik perhatian, menyebar informasi sesuai opini masing-masing tanpa memperhatikan sumber berita tersebut padahal berita tersebut adalah palsu. Dibandingkan dengan berita sesuai kenyataan, hoax dengan judulyang bombastis dengan waktu singkat menjadi viral di masyarakat, terutam di kalangan remaja dan grup ibu-ibu sosial.
Harian “The New York Times” menyebutnya sebagai “virus digital”. Penjelasan lain mengenai fenomena hoax menyatakan bahwa banyak orang kurang peduli pada kredibilitas sumber berita. Sebagai kaum intelek, mari bersama mencegah informasi “abal-abal”. Satu di antaranya adalah dengan tidak menyebarkan berita yang sumbernya tidak jelas.
Dikenal dengan istilah “Fake News” bukan sesuatu perkara baru. Sebelum internet memasyarakat, berita dengan sumber tidak jelas sudah tersebar. Harapan penulis, artikel ini dapat membantu menyadarkan penyebar hoax terutama melalui media sosial. Di sisi lain, kita sebagai penerima berita harus menelusuri sumber berita kemudian dengan penuh tanggung jawab agar dapat menyebarkan berita dengan sumber akurat kepada masyarakat luas (dia).

Check Also

Politik Napoleon Bonaparte

Pada masa pemerintahannya itu, Napoleon Bonaparte melaksanakan politik dalam negeri dan politik luar negeri. Politik …